Pemdes Suka Maju Melakukan Kegiatan Pelatihan

DAERAH637 Dilihat
jadwal-sholat

Bengkulu Selatan , Dalam rangka upaya peningkatan kapasitas BPD dan kapasitas  Pemerintahan Desa, Pemerintah Desa Suka Maju beserta BPD mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis  (19/10/2023) di Balai desa suka maju.

Kegiatan ini diikuti oleh  anggota BPD. Dalam acara ini juga turut hadir kepala Inspektorat Bengkulu Selatan , Kepala Desa Suka Maju, dan Perangkat Desa Suka Maju. Sedangkan Narasumber pada acara ini adalah Hamdan Sabrani dari inspektorat  Kabupaten Bengkulu Selatan .

Dalam sambutannya Kepala Desa Suka Yusman Hadi , mengucapkan terima kasih kepada inspektorat ,BPD yang telah bersinergi dengan baik dengan Pemerintah Desa, sehingga Desa Suka Maju mendapatkan penghargaan Desa dengan keterbukaan informasi publik terbaik dari Pemerintah Kabupaten Bemgkulu Selatan . Hal ini tidak lepas dari peran BPD sebagai mitra yang baik bagi pemerintahan Desa.

Kepala Desa berharap BPD akan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa.

Camat Air Nipis   menjelaskan bahwa fungsi BPD sangat penting di Desa. BPD lah yang menyerap aspirasi masyarakat. Dan kedudukan BPD adalah sebagai Mitra pemerintah Desa bukan sebagai penghalang. Kecamatan berharap agar BPD lebih bersinergi, bermitra dan berfungsi dengan baik.

Dalam pemaparannya PMD menjelaskan bahwa fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa Bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. Dari tugas ini, BPD adalah Lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan Desa. Mengingat peran penting BPD dalam pelaksaanan pemerintahan desa. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja para anggota BPD dan ditindak lanjuti secara nyata. Selain itu sinergi antar berbagai pihak juga sangat diperlukan.tutupnya(fdy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *